BULOG-TaniHub Kerja Sama Ekosistem Ketahanan Pangan Nasional

JAKARTA — Perum BULOG bersama Tanihub Group bekerja sama dalam pengembangan ekosistem ketahanan pangan nasional di Jakarta, Selasa (25/5). Kedua belah pihak yakin kerja sama tersebut akan menciptakan competitive advantages yang sangat besar bagi ekosistem ketahanan pangan nasional.

CEO Tanihub Group Pamitra Wineka mengatakan, pihaknya sangat bersemangat menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan BULOG sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pangan yang memiliki sarana infrastruktur yang sangat luas dan berada di tengah-tengah ibu kota provinsi dan ibu kota kabupaten.

“Tanihub Group dengan BULOG punya banyak kesamaan dalam visi besar untuk pertanian dan pangan di Indonesia. Kami berharap kerja sama ini bisa membuat kami saling mengisi satu sama lain, mulai dari infrastruktur, teknologi, pembiayaan, hingga kepada akses pasar yang luas kepada petani binaan,” kata Pamitra kepada Republika di Jakarta, Rabu (26/5).

Tanihub berharap kerja sama itu akan memperbaiki ekosistem pertanian yang berujung pada kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan yang bermitra dengan kedua belah pihak, baik BULOG maupun Tanihub Group. Pamitra mengatakan, Tanihub melalui Tani Supply sebagai pengelola rantai pasok akan menyerap hasil pertanian mitra petani BULOG.

Hasil serapan tersebut nantinya bakal dipasarkan melalui e-commerce Tanihub yang menjadi bisnis utama. Selain keija sama dalam penyerapan hasil tani, Pamitra mengatakan, Tanihub lewat anak usahanya, Tani Fund, dapat menyediakan pembiayaan bagi petani binaan BULOG dengan sistem peer-to-peer lending.

“Kami berharap kerja sama ini akan memperbaiki ekosistem pertanian yang berujung pada kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan yang bermitra dengan kedua belah pihak, baik BULOG maupun Tanihub Group,” kata Pamitra.

Pamitra menjelaskan, penyerapan hasil petani juga dilakukan secara dua arah. Selain menyerap hasil tani BULOG, Tani Supply juga dapat memasok produk segar (fresh) untuk seluruh gerai milik BULOG, seperti jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan,kolaborasi juga menyangkut kerja sama dalam bentuk pembiayaan bagi petani binaan BULOG. Itu termasuk penyerapan dan pemasaran produk-produk petani binaan BULOG. Selain menyerap hasil petani BULOG, Tanihub Group juga akan memasok produk segar untuk seluruh gerai milik BULOG.

BULOG memiliki jaringan dan sistem pergudangan dengan cakupan yang sangat luas di seluruh Indonesia. Sedangkan, Tanihub Group memiliki pengalaman dan kemampuan teknologi terdepan di bidang agritech.

“Harapan saya, nota kesepahaman ini akan menjadi awal dari kerja sama yang lebih luas lagi, terutama dalam mencipta-kan perbaikan ekosistem pertanian yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan seluruh mitra binaan BULOG dan Tanihub”, kata Febby. Ied: citra tistya rini

Bagikan

Leave a Reply