PRESIDEN SERAHKAN LANGSUNG BANTUAN PANGAN TAHAP II BULOG UNTUK WARGA BALI

Gianyar, 31 Oktober 2023 – Melanjutkan rangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Gudang BULOG di provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung pada Minggu lalu, kali ini Presiden Jokowi bertolak ke Pulau Dewata Bali mengecek dan turut menyerahkan secara langsung beras Bantuan Pangan tahap II kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Budaya Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Penyaluran beras Bantuan Pangan tahap II masih menjadi program prioritas Presiden Jokowi dalam dalam rangka menyikapi perkembangan harga beras saat ini sebagai dampak bencana Super El Nino

“April, Mei, Juni dulu sudah terima 10 kg, 10 kg, 10 kg kemudian yang September , Oktober, November sudah dapat 10 kg, 10 kg, 10 kg. Nanti setelah November ini Desember kita tambah lagi satu lagi, jadi 10 kg, 10 kg, 10 kg, 10 kg”, kata Jokowi di hadapan ratusan keluarga penerima manfaat yang hadir.

Presiden Jokowi juga menyampaikan juga doakan nanti Januari , Februari, Maret juga akan 10 kg, 10 kg, 10 kg.

Kegiatan penyaluran Beras Bantuan Pangan untuk bulan November di Balai Budaya Desa Batubulan dihadiri sebanyak 637 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari 6 Desa di Kecamatan Sukawati dengan jumlah penyaluran bantuan sebanyak 6.370 kg.

Adapun untuk wilayah Bali secara keseluruhan, jumlah penyaluran Beras Bantuan Pangan per bulan adalah sebanyak 1.850.530 kg yang disalurkan ke 185.053 KPM.

“Januari, Februari, Maret nanti ya, ini berarti sampai Desember Bapak Ibu akan diselesaikan”, tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso yang mendampingi Presiden Jokowi menyampaikan bahwa BULOG sudah menyiapkan stok beras untuk bantuan pangan ini baik untuk alokasi tahap II yaitu September, Oktober dan November maupun untuk alokasi tambahan sesuai arahan Presiden.

“Stok yang dikuasai BULOG saat ini ada sebanyak 1,48 juta ton, jika dikurangi dengan sisa bantuan pangan tahap 2 dan tambahan alokasi Desember maka stok kita masih cukup banyak. Disamping itu BULOG kan juga ditugaskan lagi untuk impor beras sebanyak 1,5 juta ton dan 700 ribu ton sudah dikontrak untuk tahun ini” kata Budi Waseso.

Selain untuk meredam kenaikan harga, beras Bantuan Pangan ini juga dapat memberikan akses kepada keluarga penerima manfaat terhadap beras sehingga mengurangi pengeluaran rumah tangga atas kebutuhan pangannya.

Turut hadir juga dalam penyaluran beras bantuan pangan di Gianyar ini Menteri Sekretaris Negara Praktikno, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan PJ. Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya.

Contact person :
Awaludin Iqbal (Sekretaris Perusahaan)
Tomi Wijaya (0812.8889.3993) Kabag Humas dan Kelembagaan

Bagikan

Leave a Reply