BULOG GANDENG BRI DAN BNI KEMBANGKAN DIGITALISASI TRANSAKSI KEUANGAN

Jakarta, 21 Desember 2023 – Sebagai upaya melakukan inovasi dan digitalisasi proses bisnis utamanya dalam transkasi keuangan agar mampu memberikan pelayanan yang lebih cepat, efisien, dan akuntabel, Perum BULOG menggandeng BRI dan BNI dengan melaunching Host to Host Aplikasi Keuangan Perum BULOG dengan QLola by BRI dan BNIDirect Bank BNI.

Acara launching yang diselenggarakan di BULOG Corporate University pada Kamis (21/12) ini dihadiri langsung oleh Direktur Utama BULOG Bayu Krisnamurthi, Direktur Keuangan BULOG Bagya Mulyanto, Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan BULOG Sonya Mamoriska, Direktur Bisnis BULOG Febby Novita, Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan BRI Agus Noorsanto, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto, Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI Corina Leyla Karnalies, dan SEVP Corporate Banking BNI Pancaran Affendi.

Dalam sambutannya Direktur Utama BULOG Bayu Krisnamurthi mengatakan digitalisasi merupakan bagian penting dari sebuah proses transformasi. Untuk itu acara pada hari ini menjadi acara penting sebagai langkah pertama transformasi BULOG .

“Host to Host aplikasi keuangan ini menjadi upaya awal BULOG dalam mewujudkan transformasi di lingkungan BULOG, setelah ini akan kami lanjutkan dengan digitalisasi proses bisnis dan operasional BULOG lainnya. Untuk itu kami berharap BRI dan BNI akan terus mendukung langkah transformasi BULOG yang sedang berjalan ini”, kata Bayu.

Hal senada juga disampaikan Direktur Keuangan BULOG Bagya Mulyanto yang menyampaikan tantangan di era digital dalam mengembangkan digitalisasi proses bisnis menjadi semakin kompleks yang mendorong dunia bisnis untuk dapat memanfaatkan segala fitur teknologi dalam upaya menciptakan sebuah proses bisnis yang efektif, cepat, dan akurat terutama dalam sistem pembayaran. Oleh karena itu, diperlukan transformasi sistem pembayaran dari manual ke otomatis dengan konektivitas Host to Host yang dapat meningkatkan performa bisnis secara signifikan.

“Kami sangat mengapresiasi atas inisiasi kerja sama dengan BRI serta BNI atas terlaksananya program ini. Kami berharap, dengan adanya kerja sama sistem pembayaran Host to Host ini, Perum BULOG dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, akurasi, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi keuangan,” kata Bagya.

Sementara itu Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menyampaikan bahwa BRI terus mendukung kegiatan usaha Perum BULOG melalui fasilitas-fasilitas dan layanan perbankan. BRI juga turut mendukung transformasi sistem pembayaran Bulog yang lebih mudah, cepat, aman, akurat, dan efektif, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional dan bisnis Perum BULOG secara keseluruhan.

“Dengan adanya integrasi cash management pada QLola by BRI dengan sistem ERP Keuangan Bulog melalui konektivitas host-to-host, proses transaksi Perum BULOG di BRI akan menjadi lebih efisien dan seamless. Host-to-host antara Bulog dengan BRI ini juga akan mempermudah, mempercepat, dan meningkatkan keamanan dan keakuratan proses transaksi keuangan. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada Bulog pada saat ada penugasan pengadaan pangan dari Pemerintah,” kata Amam.

Selanjutnya Direktur Digital & Integrated Transaction Banking BNI Corina Leyla Karnalies menyampaikan BNI konsisten untuk terus berinovasi pada setiap produk digital dan layanan perbankan sesuai customer needs. Lebih lanjut, Corina menjelaskan Perum BULOG juga akan merasakan pengalaman bertransaksi yang lebih baik (customer journey) serta sustainability yang mencapai keseimbangan antara lingkungan, ekonomi, dan sosial.

“BNI berharap melalui pengembangan kerjasama integrasi Host to Host lainnya untuk transaksi keuangan Perum BULOG, termasuk Virtual Account, Pembayaran Pajak ke Kas Negara, dan Pembayaran antar Bank ini, BNI dan Perum BULOG dapat terus memberikan manfaat, kemudahan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kami juga berperan dalam perputaran roda ekonomi di Indonesia, salah satunya dengan senantiasa mendukung peran Perum BULOG dalam menjaga ketahanan pangan melalui penugasan pemerintah dalam pengadaan pangan,” kata Corina.

Melalui kerjasama ini, kedepan kinerja dan kredibilitas BULOG sebagai penyedia logistik pangan yang andal dan profesional dalam mewujudkan harapan sebagai perusahaan logistik pangan terbaik dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat, serta bagi bangsa dan negara Indonesia.

Tim Corcomm BULOG BRI BNI

Bagikan

Leave a Reply