Upaya Bulog Bantu UMKM Berjaya di Negeri Sendiri

Jakarta, CNN Indonesia — Perum Bulog ikut berkontribusi dalam mendukung keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satunya dengan menjajakan produk UMKM di supermarket Boss Food milik BUMN pangan tersebut.
Asisten Manager Bisnis dan Operasional Bulog Fauzan Ariyandi mengatakan Boss Food akan menerima data UMKM yang memenuhi syarat dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

Beberapa persyaratannya yakni memiliki kemasan dan pelabelan yang sudah baik serta memiliki umur simpan yang panjang.

“Kita bantu jual. Kita bantu display di store kita. Kita kasih tanda bahwa itu produk UMKM. Jadi otomatis itu salah satu dukungan Bulog supaya produk UMKM bisa lebih dikenal,” katanya di Temu Bisnis Tahap VI dan Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) 2023, Kamis (2/8).

Adapun produk UMKM yang dijajakan di supermarket Bulog biasanya berupa makanan dan minuman ringan. Biasanya ketika produk tersebut sudah habis maka Bulog akan memberitahu UMK untuk mengisi ulang.

Ia mengatakan upaya ini sudah dilakukan Bulog sejak Agustus 2022. Supermarket Boss Food sendiri sudah tersedia di daerah Kelapa Gading dan Gatot Subroto Jakarta. Bulog berencana membuka Boss Food di Kota Medan.

Ia menambahkan saat ini sudah 20 UMKM yang dibantu oleh Bulog melalui kegiatan itu. UMKM itu juga diuntungkan karena tidak dikenakan biaya untuk menjajakan produk mereka di supermarket Bulog.

Meski tak mengetahui pasti kenaikan omset para UMKM tersebut, Fauzan menyebut produk UMKM tersebut cukup diminati dan pelaku UMKM bolak balik mengisi produk mereka di supermarket Bulog.

“Secara umum kita lihat mereka refill terus, artinya secara umum peminatnya ada dan harganya masih bisa diterima,” ujarnya.

Sumber: Upaya Bulog Bantu UMKM Berjaya di Negeri Sendiri

Bagikan

Leave a Reply