Siap Hadapi Fenomena El Nino, Stok Pangan Indonesia Dipastikan Aman

IDXChannel – Stok pangan Indonesia dinilai aman dan siap untuk menghadapi fenomena El Nino. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Informasi dari Bulog, Kementan, (stok pangan) tidak ada masalah. Pasokan (aman) untuk saat ini,” kata Jokowi di Pasar Rakyat di Lapangan Rampal, Kota Malang, pada Senin (24/7/2023).

Jokowi menambahkan, fenomena El Nino diprediksi terjadi pada Agustus 2023. El Nino ini disebut-sebut dapat mengganggu stok pangan dan beras, sebagaimana dialami beberapa negara di dunia.

“Di negara lain, kejadian lain mempengaruhi stok pangan. Kayak di India ada stop nggak ekspor beras lagi, di Vietnam juga stop nggak ekspor beras lagi. Kita tidak berharap kejadian itu terjadi di negara kita sehingga semuanya harus disiapkan,” kata Jokowi.

Oleh karena itu, dia memerintahkan BUMN serta seluruh kepala daerah di tingkat gubernur, bupati, wali kota untuk memperkuat anggaran untuk bantuan sembako selama fenomena El Nino terjadi. 

“Telah memerintahkan ke BUMN, seluruh gubernur, bupati walikota memperbanyak pasar-pasar murah di daerah sebanyak-banyaknya. Kedua kalau bisa punya anggaran bantuan sembako masyarakat diperkuat, diperbanyak,” kata dia.

Saat ini pemerintah juga telah menghitung secara detail kebutuhan pangan di daerah-daerah untuk menjaga komoditas pangan. Hal ini untuk mengantisipasi kekhawatiran di masyarakat akan stok pangan saat fenomena El Nino melanda.

“Kita ada data-data yang daerah mana yang memerlukan, dan daerah mana yang tidak, sehingga kita berharap kita bisa mendahului agar apabila nanti El Nino datang, masyarakat tidak takut. Tidak ada masalah pasokan sat ini,” tukasnya.

Untuk diketahui,  El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah sekitarnya, termasuk Indonesia.

El Nino memiliki dampak yang beragam dalam lingkup skala global. Beberapa negara di kawasan Amerika Latin seperti Peru, saat terjadi El Nino akan berdampak pada meningkatnya curah hujan di wilayah tersebut. 

Sedangkan di Indonesia secara umum dampak dari El Nino adalah kondisi kering dan berkurangnya curah hujan.

Sumber: Siap Hadapi Fenomena El Nino, Stok Pangan Indonesia Dipastikan Aman

Bagikan

Leave a Reply