BULOG MOTORI “GERAKAN PANGAN MURAH” DI LEBIH DARI 300 TITIK SELURUH INDONESIA

Jakarta, 26 Juni 2023 – Setelah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan beras selama Ramadhan dan pasca Idul Fitri tahun ini, Perum BULOG kembali dipercaya oleh Badan Pangan Nasional dalam penugasan pemenuhan ketersediaan bahan pangan pokok dan daya beli masyarakat terhadap komoditas pangan menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha yang bernama “Gerakan Pangan Murah” (GPM).

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) sebagai Lembaga yang menginisiasi program Gerakan Pangan Murah (GPM) meluncurkan pasar murah serentak pada 26 Juni 2023 di lebih dari 300 titik lokasi yang tersebar di 37 Provinsi dan 296 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, saat peluncuran GPM Serentak, di Hotel Borobudur Jakarta (26/03). Menurutnya, melalui kegiatan GPM serentak ini masyarakat khususnya yang berada di sekitar provinsi dan kabupaten/kota pelaksana, bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi konsumsi sehari-hari atau untuk mempersiapkan pelaksanaan hari raya Idula Adha.

“Jadi kita sengaja luncurkan GPM serentak melalui BULOG ini pada H-3 sebelum Idul Adha yang diperkirakan jatuh pada tanggal 29 Juni 2023, itu waktu yang ideal untuk masyarakat membeli kebutuhan pangannya khususnya untuk hari raya. Beberapa daerah bahkan melaksanakan GPM lebih dari 1 hari, ada yang dari tanggal 26 sampai 28 Juni. Seluruh produk pangan yang dijual di sini harganya di bawah harga pasar atau tidak melebihi Harga Acuan Pembelian/Penjualan (HAP) dan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan. Hal ini sesuai dengan tujuan awal pelaksanaan GPM, yaitu menyediakan pangan yang terjangkau bagi masyarakat,” jelas Arief.

Arief menambahkan, amannya kondisi pangan jelang Idul Adha juga tidak bisa dilepaskan dari terus digenjotnya pelaksanaan program-program stabilisasi lainnya, seperti Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), kegiatan penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di BULOG untuk beras SPHP dan batuan pangan beras kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), penyaluran bantuan pangan telur dan daging ayam kepada 1,4 juta Keluarga Rawan Stunting (KRS), pengadaan pangan yang berpotensi defisit secara terukur, serta pemantauan berkala kondisi stok dan harga melalui dashboard secara real time sehingga mempercepat intervensi gejolak pangan di daerah.

Perum BULOG selaku motor dan pengendalian pangan nasional sesuai yang tertuang pada Peraturan Presiden nomor 66/2021 pada pasal 29 ini menyambut baik penugasan ini dan berkomitmen secara maksimal akan mensukseskan program ini.

Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso yang hadir dalam dalam launching GPM Serentak menyampaikan akan memastikan program GPM berjalan lancar dengan efektif. GPM ini disalurkan dengan memaksimalkan hasil produksi dalam negeri yang sampai saat ini sudah terserap sebanyak lebih dari 600 ribu ton.

“Ada Pemimpin Wilayah dan Pemimpin Cabang di seluruh Indonesia yang akan selalu memonitor program GPM ini dapat berjalan lancar dengan seluruh sarana dan kekuatan yang kita miliki. Kita juga akan manfaatkan tol laut dalam proses pengiriman hingga tidak ada satu pun wilayah yang mengalami keterlambatan ataupun kekurangan dari kebutuhan pangan pokok tadi”, paparnya.

Buwas mengatakan, kami disini tentunya juga tidak berkerja sendiri karena seluruh Kementerian dan lembaga terkait masalah pangan termasuk Kementrian Pertanian dan Kementerian Perdagangan juga ikut support. Kita akan secepat mungkin dan terus memantau pemenuhan kebutuhan di wilayah dimana harapan kita tidak ada satupun wilayah yang akan kekurangan pangan.

Acara launching GPM ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Staf Kepresidenan, Sekretariat Kabinet, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, Gubernur, Satgas Pangan Polri, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi, Direktur Utama BULOG, Direktur Utama ID FOOD, para Direksi HIMBARA, Sejumlah Ketua dan Pimpinan Asosiasi.

Contact person :
Awaludin Iqbal (Sekretaris Perusahaan)
Tomi Wijaya (0812.8889.3993) Kabag Humas dan Kelembagaan

Bagikan

Leave a Reply