Mendag Zulhas Pantau Stabilitas Bapok di Kota Ambon Jelang Iduladha

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan pada Minggu pagi diketahui tengah melakukan kunjungan ke Kota Ambon guna memantau langsung stabilitas harga bahan pokok (Bapok).

Disebutkan bahwa agenda tersebut berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mengontrol sisi pasokan dan permintaan di pasaran.

“Harga dan stok bapok di Pasar Mardika, Ambon relatif aman dan stabil,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi hari ini pada Minggu, 18 Juni.

Menurut Mendag Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, pihaknya akan terus berupa menjaga keseimbangan harga mengingat tidak lama lagi akan datang hari besar keagamaan.

“Pemerintah, khususnya Kementerian Perdagangan (Kemendag), harus terus memonitor stok dan stabilitas harga bapok khususnya menjelang Iduladha,” tegas dia.

Dari hasil pantauan, beras medium Rp13.000/kg, beras premium Rp15.000/kg, beras medium bulog Rp13.000/kg, gula pasir Rp15.000/kg, MINYAKITA Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan premium Rp18.000/liter.

Lalu, daging sapi Rp120.000/kg, daging ayam ras Rp35.000/kg, serta tepung terigu Rp13.000/kg. Sedangkan komoditas bapok yang harganya terpantau turun yaitu telur ayam ras menjadi Rp33.600/kg dan bawang merah menjadi Rp40.000/kg.

“Pemerintah daerah harus turun tangan untuk menjaga pasokan bapok agar harganya tetap stabil. Kemendag berkomitmen untuk terus memantau stok dan harga bapok di pasar rakyat agar mengerti kondisi masyarakat di tempat tersebut,” tutup dia.

Sumber: Mendag Zulhas Pantau Stabilitas Bapok di Kota Ambon Jelang Iduladha

Bagikan

Leave a Reply