PRESIDEN PUJI SENTRA PENGGILINGAN PADI MODERN MILIK BULOG

Sragen, 11 Maret 2023 – Dalam rangka mendukung program prioritas nasional yang merujuk pada peningkatan kedaulatan pangan nasional dengan mengembangkan infrastruktur pasca panen di daerah sentra produksi pangan, Presiden Joko Widodo memuji sekaligus meresmikan Sentra Penggilingan Padi Modern / Modern Rice Milling Plant (MRMP) milik BULOG yang berlokasi di Sragen, Jawa Tengah pada Sabtu (11/03)

Sentra Penggilingan Padi Modern Sragen ini merupakan salah satu infrastruktur Pasca Panen yang dibangun dengan dilengkapi dengan mesin pengering berkapasitas 120 ton/hari, mesin penggiling padi (RMU) berkapasitas 6 ton/jam, dan 3 unit SILO berkapasitas simpan 2.000 ton.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat peresmian mengatakan Sentra Penggiingan Padi Modern milik BULOG ini sudah beroperasi di 7 lokasi sentra produksi yaitu Sragen, Subang, Kendal, Karawang, Lampung, Bojonegoro dan Magetan.

“Sentra Penggilingan Padi Modern ini akan memperkuat BULOG dalam menyerap sebanyak-banyaknya gabah di petani karena sarana penyimpanan dan kapasitas mesinnya yang sangat besar,” kata Jokowi.

“BULOG akan maksimalkan penyerapan produksi petani sebanyak 2,4 juta ton dengan harga yang ditetapkan Badan Pangan Nasional,” tambah Jokowi.

Sementara itu Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur MRMP ini bertujuan untuk mempercepat alur proses pengolahan beras yang terpusat dalam fasilitas pengolahan gabah hasil panen berbasis teknologi modern yang terdiri dari mesin pengering (dryer), unit penggilingan padi (RMU) sebagai mesin konversi gabah menjadi beras dengan dilengkapi teknologi penyortir warna (color sorter).

“Adapun terhadap fungsi dan peranan Sentra Penggilingan Padi Modern Sragen ini diharapkan dapat dapat membantu petani karena bisa menurunkan angka kesusutan pasca panen, meningkatkan kuantitas dan kualitas serapan gabah hasil panen petani khususnya di Provinsi Jawa Tengah,” kata Budi Waseso.

Sebelum meresmikan, Presiden Jokowi yang di dampingi Sekretaris Kabinet, Kepala Badan Pangan Nasional, Direktur Utama BULOG, Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Sragen juga berkesempatan mengelilingi komplek Sentra Penggilingan Padi Sragen dengan melihat jembatan timbang, dryer, RMU dan color sorter yang semuanya menggunakan teknologi modern.

Melalui peresmian ini, BULOG diharapkan dapat meningkatkan penyerapan hasil panen petani dengan dukungan sarana pengolahan padi yang terintegrasi secara modern dan menjamin kualitas dan ketersediaan komoditas pangan yang dikelola oleh BULOG serta menjalankan penugasan pemerintah dengan baik dalam melaksanakan produksi, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian pangan pokok

Contact person :
Awaludin Iqbal (Sekretaris Perusahaan)
Tomi Wijaya (0812.8889.3993) Kabag Humas dan Kelembagaan

Bagikan

Leave a Reply