Cek Ketersediaan Bantuan Beras PPKM, Tim KSP Kunjungi Gudang BULOG

KOMPAS.com – Tim dari Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengunjungi gudang milik Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) di Jakarta, Sumatera, dan Banten, Rabu (18/8/2021).

Kedatangan tim KSP bertujuan untuk memastikan kesiapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dalam mendistribusikan beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada keluarga penerima manfaat. Selain itu, tim KSP juga memastikan ketersedian stok beras di masing-masing gudang.

Direktur Supply Chain Perum Bulog Mokhamad Suyamto mendampingi Tim KSP saat berkunjung ke Gudang Bulog di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pada kesempatan tersebut, Suyamto menjelaskan bahwa Perum Bulog telah menyiapkan stok beras dengan kualitas terbaik.

“Seperti di Gudang Bulog Kelapa Gading ini, semua beras yang akan disalurkan untuk bantuan beras PPKM melalui (pengecekan) mesin Rice to Rice sehingga kualitas berasnya dijamin 100 persen baik,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Terkait distribusi ke keluarga penerima manfaat, Suyamto mengatakan Perum Bulog sudah bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan PT DNR.

Menanggapi Suyamto, Ketua Deputi III tim KSP Panutan S Sulendrakusuma mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya untuk mendorong percepatan distribusi bantuan beras ke masyarakat di tengah PPKM level 3 dan 4.

“Sejauh ini bisa dipastikan tidak ada masalah fundamental, berasnya juga saya liat baik kualitasnya, tapi kami mengharapkan BULOG dapat menjamin ketersediaan pasokan hingga penerimaanya dengan baik dan cepat di tangan warga,” kata Panutan saat memantau kinerja mesin Rice to Rice.

Sementara itu, di gudang Bulog Sumatera Barat, Tenaga ahli KSP untuk Kementerian BUMN Wisnu Aji mengatakan hasil monitoring terhadap penyaluran beras bantuan PPKM dari tinjauan lapangan hari ini akan dilaporkan sebagai bahan penilaian dan evaluasi.

Hasil monitoring akan dilaporkan kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk selanjutnya dibawa ke dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

“Kami sudah mendapat penjelasan dari BULOG Sumatera Barat mulai dari penyerapan beras yang terbaru dari petani, pemrosesan menjadi beras yang berkualitas baik, hingga penyalurannnya yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia”, kata pria yang merupakan mantan Mantan Komisaris Independen PT Len Industri (Persero) tersebut.

KSP berharap bantuan beras ini dapat cepat diterima oleh masyarakat. Selain memberikan manfaat kepada keluarga penerima, program ini juga akan meningkatkan konsumsi beras yang diproduksi oleh petani lokal.

Bagikan

Leave a Reply