Pelepasan Operasi Pasar Medium

Jakarta (09/01) - Memperhatikan perkembangan harga beras kualitas medium, yang terbentuk oleh pasar, yang cenderung berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), Perum BULOG melakukan Operasi Pasar Beras kualitas medium dengan menggunakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).
Sesuai Surat Menteri Perdagangan RI Nomor: 31/M-DAG/SD/1/2018 tanggal 5 Januari 2018 tentang Pelaksanaan Stabilisasi Harga dan Pasokan Beras Medium, Perum BULOG diinstruksikan untuk melakukan Operasi Pasar dalam rangka stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan beras medium di seluruh Indonesia.
Pelaksanaan stabilisasi harga dan ketersediaan pasokan beras medium dengan menggunakan CBP ini dimaksudkan sebagai upaya stabilisasi harga beras untuk meredam kenaikan harga atau bahkan mencegah terjadinya kenaikan harga, serta meningkatkan pasokan beras medium guna menjaga ketersediaan beras medium di masyarakat. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar konsumen mendapatkan harga beras yang terjangkau dan terjaga daya belinya.
Kegiatan OP CBP ini dapat melalui distributor dan atau mitra BULOG. Dan kegiatan OP CBP sampai ke tingkat eceran di seluruh Indonesia harus mencantumkan informasi harga lebih rendah Rp100/Kg dari HET di wilayah masing-masing, yang mengacu pada Permendag 57/M-DAG/PER/8/2017.
OP kali ini akan melibatkan berbagai pihak, yakni Satuan Tugas (Satgas) Pangan POLRI, Pemda setempat dan Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi (PERPADI) atau pelaku usaha swasta/pedagang.
Keterlibatan Satgas Pangan dalam OP kali ini untuk melakukan pengawasan terhadap pihak-pihak yang menjalankan OP, termasuk monitoring, pengendalian dan pengamanan.
OP CBP ini dilaksanakan di Seluruh Indonesia dan peluncuran secara resmi dilakukan di BULOG Divre DKI di Kelapa Gading Jakarta, yang dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, dan Direktur Utama Perum BULOG beserta jajarannya serta Pejabat Disperindag Provinsi DKI Jakarta.
Sampai dengan saat ini, BULOG telah menggelontorkan CBP untuk kepentingan OP sebanyak +- 30.000 ton, yang tersebar di 198 titik di 26 Divisi Regional seluruh Indonesia. OP ini akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 31 Maret 2018.

Jakarta, 9 Januari 2018
Humaslem Perum BULOG

AddThis Social Bookmark Button