OP Dan OPK Beras Bulog

Jakarta, 19 /01. Di berbagai media marak diberitakan tentang penimbunan beras BULOG yg disebutkan sebagai beras Operas Pasar Khusus (OPK) Cadangan Beras Pemerintah. Dari hasil inspeksi mendadak, Kemendag menemukan timbunan beras berlabel BULOG di beberapa gudang yg ditemui.

Perlu dijelaskan bahwa saat ini ada dua kegiatan yg menggunakan Cadangan Beras Pemerintah utk melakukan stabilisasi harga, yaitu melalui Operasi Pasar dan Operasi Pasar Khusus. Sasaran kedua kegiatan tersebut berbeda.

Operasi pasar merupakan upaya stabilisasi harga dengan sasaran masyarakat umum. Dilakukan melalui Satgas utk langsung dijual ke masyarakat umum; melalui pedagang eceran dan pedagang grosir. Pedagang2 tsb wajib menjual beras OP CBP pada harga ecetan tertinggi yg telah ditetapkan.

Sedangkan OPK CBP dengan sasaran Rumah Tangga Sasaran dari program Raskin sebanyak 15,5 juta RT dg alokasi 15 kg. Utk OPK CBP ini, BULOG bekerjasama dengan Pemerintah setempat utk langsung menyalurkan kepada sasaran.

Dengan demikian, dimungkinkan adanya stok beras di gudang pedagang, namun itu merupakan beras Operasi Pasar reguler dan bukan Operasi Pasar Khusu yg jenis dan labelnya sama yaitu beras medium. Diharapkan beras tersebut dapat langsung didistribusikan ke pedagang eceran utk dijual ke masyarakat umum. (@2014)

AddThis Social Bookmark Button