Jasa

Usaha Jasa adalah salah satu kegiatan usaha pada Direktorat Perencanaan & Pengembangan Usaha untuk meningkatkan pendapatan (revenue) perusahaan, yang terdiri atas jasa pemberdayaan asset (seperti gudang, kantor, tanah kosong dan asset lainnya), jasa angkutan dan jasa survey, perawatan kualitas dan pemberantasan hama . Sasaran Divisi Jasa adalah terlaksananya kegiatan usaha jasa pelayanan pergudangan, jasa angkutan dan jasa survey perawatan kualitas dan jasa pemberdayaan aset.

Untuk mencapai sasaran tersebut dilakukan melalui dua kegiatan, yaitu Kegiatan Utama dan Kegiatan Pendukung.

  • Kegiatan Utama adalah memasarkan jasa angkutan, jasa survey dan jasa penyewaan aset yang idle.
  • Kegiatan Pendukung adalah pembinaan operasional, peningkatan kemampuan SDM, membentuk jaringan kerjasama, penyusunan standar prosedur kerja, monitoring dan evaluasi seluruh daerah kerja.

Bila dibandingkan antara realisasi pendapatan tahun 2007 dengan rencana pendapatan pada tahun 2008, terjadi peningkatan pada target pendapatan yang harus dicapai. Yaitu, dari usaha angkutan naik 260 %, usaha survey naik 185% dan usaha penyewaan aset idle meningkat sebesar 197%.

Dari kegiatan utama ketiga usaha jasa tersebut selama tahun 2008, telah dapat direalisasi pendapatan sebesar Rp. 489,16 milyar (bruto) atau 167% dari target tahun 2008. Perinciannya adalah pendapatan dari usaha angkutan mencapai 172% dari target tahun 2008, dari usaha survey mencapai 131% dari target tahun 2008 dan usaha penyewaan aset idle sebesar 122% dari target tahun 2008.