Tekan Kenaikan Harga Beras, Bulog Banyumas Gelar Operasi Pasar

AKURAT.CO, Untuk menekan gejolak kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, BULOG Subdivisi Regional Banyumas kembali menggelar operasi pasar beras di kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Dalam operasi pasar yang digelar di depan Kelenteng Hok Tek Bio, kompleks Pasar Wage, Purwokerto, Selasa (2/1), BULOG Banyumas menjual beras kualitas medium dengan harga Rp8.500 p
er kilogram. Beras tersebut diambil dari cadangan beras pemerintah (CBP).

Fitri salah seorang ibu rumah tangga mengatakan, harga beras di pasaran saat ini mencapai kisaran Rp11.000-Rp11.500/kg untuk kualitas medium, sedangkan yang bagus mencapai Rp12.000/kg.
"Kalau di sini cuma Rp8.500/kg, beras medium tapi kualitasnya bagus," ungkapnya.

Warga lainnya, Isti juga mengaku sengaja membeli beras di operasi pasar tersebut untuk campuran saat menanak nasi.
"Kalau enggak dicampur, sangat berat karena harga beras IR-64 di pasaran sudah mencapai Rp12.000/kg. Selain untuk konsumsi sendiri, nasinya juga untuk jualan," kata dia yang membeli beras sebanyak 4 kg.

Seperti yang dilansir dari Antara, Kepala BULOG Subdivre Banyumas, Setio Wastono saat ditemui di sela operasi pasar mengatakan, berdasarkan data harga beras kualitas medium di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, saat ini lebih tinggi dibanding kabupaten-kabupaten tetangga seperti Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Oleh karenanya BULOG Subdivre Banyumas diperintahkan untuk segera menggelar operasi pasar di beberapa titik khususnya di Pasar Wage.
"Model operasi pasar kali ini berbeda dengan yang kami lakukan sebelumnya (tahun 2017, red.). Operasi pasar yang lalu dilakukan oleh satgas (satuan tugas), sekarang ini bisa melalui pedagang," tuturnya.

Pedagang binaan BULOG Subdivre Banyumas akan mendapat stok beras kualitas medium yang dapat dibeli masyarakat dengan harga maksimum sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp9.000/kg.
Sementara harga beras medium dari BULOG untuk pedagang sebesar Rp8.000/kg. "Pasokan beras untuk pedagang akan diantar oleh BULOG sampai ke tempat penjualan," pungkasnya []
(eB)

Sumber : http://ekonomi.akurat.co