Title - Pembelian Beras di Semarang Lesu, Stok Memadai

Pembelian Beras di Semarang Lesu, Stok Memadai

Semarang (16/9) - Pembelian beras di Pasar Dargo Semarang pada pertengahan Ramadan ini nampak lesu, sedangkan persediaan bahan pokok tersebut di pusat perdagangan beras Kota Semarang ini memadai.

Ketua Persatuan Pedagang Beras Pasar Dargo Semarang, Kastawar, di Semarang, Selasa, mengatakan, kemungkinan satu minggu menjelang Lebaran diperkirakan mulai ramai karena banyak masyarakat yang membeli beras untuk zakat fitrah maupun kebutuhan lain.

Ia mengatakan, lesunya pembelian bahan pokok beras sekarang ini kemungkinan karena masyarakat saat ini lebih tertuju belanja keperluan Lebaran termasuk membelikan pakaian untuk anak-anaknya maupun kebutuhan Lebaran lainnya.

Mengenai persediaan beras di Pasar Dargo Semarang pada bulan Ramadan hingga Lebaran diperkirakan cukup aman untuk memenuhi permintaan konsumen di daerah ini karena pasokan bahan pokok ini lancar.

Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap stok beras yang dikuasi pedagang di Pasar Dargo ini, bahkan pasokan beras dari daerah produsen lancar sehubungan masih berlangsung panen padi di Jateng sehingga mendukung persediaan pangan di daerah ini, katanya.

Pasokan beras ke pusat perdagangan beras Pasar Dargo Semarang setiap harinya dalam minggu ini rata-rata sebanyak 75 ton, katanya.

Beras yang masuk Pasar Dargo Semarang itu dari daerah produsen padi yang sekarang masih berlangasung panen padi, antara lain Kabupaten Demak, Grobogan, Kudus, Kendal, Salatiga, dan Boyolali.

Harga beras di Pasar Dargo Semarang, Selasa, jenis mentik wangi Rp5.700-Rp5.800 per kilogram, membramo Rp5.400 per kg, C4 super Rp5.000 per kg, C4 biasa Rp4.700-Rp4.800 per kg, dan beras sedane Rp4.700 per kilogram.

Sementara itu, Kepala Humas Divre Perum Bulog Jateng, Hj. SR Farida, secara terpisah mengatakan, stok beras yang dikuasai Perum Bulog Jateng keadaan 15 September 2008 sebanyak 361.777,16 ton.

Persediaan beras Perum Bulog Jateng tersebut cukup memenuhi kebutuhan penyaluran rutin hingga Mei 2009 dengan perhitungan penyaluran setiap bulan sebanyak 47.326 ton terutama untuk jatah beras keluarga miskin (raskin), katanya. -Wwn-

(Sumber : Antara)

AddThis Social Bookmark Button