Detil Berita

Bulog Tulungagung Perkuat Cadangan Beras

Kepala Perum BULOG Subdivre Tulungagung, Mohammad Fauzy menegaskan pihaknya akan terus menyerap produksi gabah maupun beras petani untuk memperkuat cadangan pangan di wilayah kerjanya, yakni Tulungagung, Trenggalek, serta Blitar.

"Berapapun produksi beras selama MK (musim kering)-1 ini, termasuk awal musim tanam akhir tahun, tetap akan kami serap demi memperkuat stok beras di daerah," tegasnya.

Fauzy mengaku optimistis dengan capaian BULOG Subdivre Tulungagung, selama periode Januari-Agustus 2012. Dari total target serapan beras maupun produk setara beras sebesar 63 ribu ton untuk tahun 2012, lanjut dia, pihaknya telah mempu menyerap lebih dari 86 persen atau sekitar 54.180 ton.

Dengan jangka waktu yang masih tersisa selama empat bulan terakhir, pihaknya berkeyakinan target serapan beras di Subdivre Tulungagung bakal terlampaui. Masih banyaknya petani yang menanam padi selama MK-1 antara Juli-September ini menjadi parameter Fauzy. Terlebih, pasokan beras tidak hanya datang dari wilayah Tulungagung saja, tetapi juga dari wilayah Trenggalek serta Blitar.

"Kalau sesuai target, maka stok beras di Subdivre Tulungagung bisa memenuhi kebutuhan pangan hingga periode April-Mei. Kalau serapannya lebih tentu akan lebih panjang lagi," jelasnya.

Melimpahnya stok beras ataupun ketersediaan pangan di wilayah kerja Subdivre Tulungagung itulah membuat Fauzy cukup percaya diri untuk mengirimkan bahan kebutuhan pangan utama masyarakat Indonesia itu ke daerah-daerah yang membutuhkan, seperti Papua, Kalimantan, Sulawesi maupun lainnya.

Fauzy tidak merinci jadwal distribusi stok beras dimaksud, namun ia memastikan akan terus berupaya mendukung program ketahanan pangan nasional tersebut sehingga stok beras di daerah bisa terus berputar.




Sumber: Antara

 

SocialTwist Tell-a-Friend

Alih Bahasa