BULOG BARABAI KONTRAK PENGADAAN BERAS 6.000 TON

Perum BULOG Sub Divisi Regional Wilayah I Barabai yang berkedudukan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, mengadakan kontrak pengadaan beras 6.000 ton dengan pengusaha penggilingan padi dan kelompok petani.

Menurut Kepala Seksi Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai Zainul Falah di Barabai, Minggu, kontrak pengadaan tersebut dilakukan untuk memenuhi target serapan beras dari petani.

"Target serapan beras untuk cadangan stok nasional dari petani pada 2012 naik menjadi 20.000 ton sehingga perlu dilakukan terobosan agar dapat tercapai," ujarnya.

Awal 2012 lalu, kata dia, Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai menargetkan mampu menyerap beras dari petani sebanyak 10.000 ton. Namun target tersebut naik menjadi 15.000 ton dan kembali naik menjadi 20.000 ton dengan tengat waktu hingga akhir 2012.

"Hingga saat ini, di luar kontrak yang dilakukan, sudah terserap beras dari petani sebanyak 5.300 ton," katanya.

Dengan adanya kontrak bersama para pengusaha penggilingan padi sebagai mitra dan kelompok tani, Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai optimistis dapat mencapai target serapan beras sebanyak 20.000 ton pada 2012.

"Apalagi sekarang belum semua kabupaten di wilayah Banua Anam ini selesai panen. Di tambah lagi panen di kawasan lebak pada akhir tahun, sehingga target 20.000 ton itu tidak mustahil dapat tercapai," ujarnya.

Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai membawahi wilayah Banua Anam yang terdiri atas enam kabupaten di Kalsel, masing-masing Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, HST, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Hingga saat ini, beberapa kabupaten di wilayah Banua Anam seperti Balangan dan Tapin, para petaninya masih belum selesai panen.

Bahkan untuk kabupaten Hulu Sungai Utara, panen terbesar baru akan dilaksanakan pada akhir tahun karena daerah persawahan di wilayah itu sebagian besar terdiri atas lebak.

Sebelumnya, sejak awal tahun lalu, Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai telah mengadakan kerja sama dengan seluruh Dinas Pertanian se-Banua Anam untuk membantu peningkatan serapan beras petani. (ANT)

AddThis Social Bookmark Button