BULOG Gudang Batang Terjunkan Tim Pemantau Penyaluran RASKIN

BULOG Gudang 606 Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, akan menerjunkan sejumlah tim pemantau dan satuan kerja yang bertugas mengawasi penyaluran beras untuk warga miskin (RASKIN) ke tingkat desa.

Kepala Gudang BULOG 606 Kandeman, Ngatimin, di Batang, Selasa, mengatakan, tim itu bertugas mengetahui secara pasti proses penyaluran RASKIN dan mencari penyebab keterlambatan pembayaran beras kepada Dolog.

"Tim pemantau ini akan bertugas mulai penyaluran RASKIN bulan ke depan agar tidak salah sasaran dan bisa mengevaluasi penyebab terjadinya keterlambatan pembayaran beras itu ke BULOG," katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab tingginya tunggakan pembayaran RASKIN di Kabupaten Batang.

"Namun, yang jelas jika dilihat dari jumlah tunggakan tiap bulannya, Kabupaten Batang tercatat paling tinggi di antara daerah lain se-Eks Keresidenan Pekalongan," katanya.

Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Batang, Isnanto, mengatakan, pemkab akan menunda distribusi beras ke desa yang masih menunggak pembayaran.

"Penundaan penyaluran RASKIN terpaksa kami lakukan sebagai bentuk pembelajaran kepada pihak desa. Dengan penundaan ini automatis warga di desa yang menunggak pembayaran RASKIN tidak akan mendapatkan beras itu," katanya.

Ia mengatakan, hingga saat ini jumlah total tunggakan RASKIN telah mencapai sekitar satu miliar rupiah.

Sejumlah desa yang menunggak pembayaran RASKIN antara lain di Kecamatan Wonotunggal, Bandar, Limpung, Warungasem, Tulis, dan Kandeman.

"Kami berharap sejumlah desa yang masih menunggak pembayaran RASKIN agar segera melunasinya agar penyaluran berikutnya tidak terganggu karena beras itu sangat membantu bagi warga miskin," katanya. -tiy-

Sumber: ANTARA