Skip Navigation Bulog.co.id   Home  |  Login  |  Webmail  |  Sitemap  
REALISASI PENGADAAN GABAH/BERAS 2008 SAMPAI TUTUP TAHUN 2008 975.000 TON, TERBESAR SEPANJANG SEJARAH PERUM BULOG DIVRE JATIM BERDIRI, MELEBIHI PENGADAAN PADA SAAT SWASEMBADA BERAS TAHUN 1984.

Sinergi Perum Bulog Dan Perpadi


Pengumuman Lelang
Sehubungan dengan movement beras dari Subdivre Bojonegoro, Kediri, Probolinggo dan Banyuwangi tujuan Subdivre Surabaya Utara, Bondowoso dan Jember maka Perum BULOG Divre Jatim mengundang perusahaan angkutan yang berminat untuk mengikuti pelelangan

Hadapi Hari Raya, Jatim Salurkan Raskin 2 Alokasi


DUKUNGAN PERUM BULOG TERHADAP GAPOKTAN


DUKUNGAN PERUM BULOG TERHADAP GAPOKTAN





DIVRE JATIM MENGGANDENG 1000 MITRA KERJA PADA ADA DN 2012


PENGUMUMAN PENDAFTARAN DAN SELEKSI MITRA KERJA PENGADAAN GABAH/BERAS DN TAHUN 2012
Dalam rangka meningkatkan jaringan Mitra Kerja Pengadaan Gabah/Beras Dalam Negeri, maka Perum BULOG Divre Jatim memperpanjang Pendaftaran dan Seleksi Mitra Kerja Pengadaan Gabah/Beras DN Tahun 2012 yang semula batas waktu pendaftaran sampai dengan tanggal 15 Desember 2011 diperpanjang menjadi paling lambat tanggal 15 Januari 2012

ASET-ASET GUDANG / NON GUDANG DI WILAYAH DIVRE JAWA TIMUR
Asset gudang terdapat di 59 lokasi dimana tiap lokasi terdapat beberapa unit gudang dengan total unit gudang sebanyak 367 unit dengan daya tampung totalnya 1,2 Juta Ton

Analisis Berita tanggal 13-14 Desember 2011
Kadivre Jatim Perum Bulog Rito Angky Pratomo memerintahkan untuk melakukan analisis berita yang didapat melalui kliping Koran. Dari data pemberitaan, terdapat 8 berita yang berhubungan dengan tugas dan fungsi Bulog.

Sosialisasi Aplikasi Roran Divre Jatim
Bulog Divre jatim mengadakan sosialisasi aplikasi roran(Laporan Anggaran)yang baru pada hari Kamis tanggal 8 Desember 2011

RUMAH BERAS DIVRE JAWA TIMUR
Divre Jawa Timur telah membuka Outlet Rumah Beras yang diresmikan Kadivre Jawa Timur, Rito Angky Pratomo pada tanggal 15 Nopember 2011 bertempat di kantor Divre Jatim yang berlokasi di Jl. Jend. A. Yani no.146-148 Surabaya

BULOG Jatim Laksanakan GP3K
Program Peningkatan Produksi pangan itu merupakan kerjasama BUMN termasuk Bulog Divre Jatim dengan petani melalui pola bayar panen(Yarnen)

Pengumuman Pelelangan Pemilihan Penyedia Jasa Penerimaan Beras Milik Perum BULOG dari Luar Negeri Tahun 2011 di Lingkungan Perum BULOG Divre Jatim
Perum BULOG Divisi Regional Jawa Timur yang selanjutnya disebut Pengguna Jasa mengundang Penyedia Jasa Pengurusan Transportasi (PJPT) untuk mengikuti Pelelangan Penyedia Jasa Penerimaan Barang Milik Perum BULOG dari Luar Negeri sebagai berikut

BULOG Jember Percepat Distribusi Raskin Jelang Ramadhan


BULOG Madura: Persediaan Beras Aman Hingga Puasa


Petani Bojonegoro Diminta Tidak Tanam Padi


Jatah Beras Impor di Jatim Dikurangi


Penyaluran Raskin di Bojonegoro Akhir Oktober Rampung
Penyaluran raskin (beras bagi masyarakat miskin) bagi 147.941 rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada 2009, ditarget akhir Oktober rampung.

Stok Beras BULOG Madiun Aman
Stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tersimpan di Sub Divre Perum BULOG Madiun, Jawa Timur, aman hingga 13 bulan ke depan.

BULOG Jember: Distribusi Raskin Rampung Sebelum Lebaran
Kepala BULOG Sub Divre XI Jember, Chairil Anwar berjanji akan merampungkan distribusi beras untuk masyarakat miskin (raskin) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebelum Lebaran. "Saya optimistis distribusi raskin yang dilakukan di 31 kecamatan di Jember bisa rampung sebelum Lebaran karena pendistribusian jatah raskin bulan September sudah dilakukan sejak akhir Agustus lalu," kata Chairil, Rabu. Ia menjelaskan, jumlah penerima raskin di Jember sebanyak 229.766 kepala keluarga (KK). Penerima raskin tersebar di 31 kecamatan, dengan total jumlah beras yang diterima seluruh KK sebanyak 3.446.490 kg/bulan. "Setiap KK menerima 15 kg setiap bulan dengan harga Rp1.600 setiap kilogram," kata dia. Ia mengatakan, raskin itu dapat diambil di masing-masing kantor desa/kelurahan melalui aparat desa/kelurahan setempat. Sejauh ini, kata dia, distribusi raskin berjalan lancar sehingga tidak ada kendala dalam pendistribusian raskin selama Ramadhan ini. "Kami mendistribusikan raskin sesuai dengan jatah raskin di masing-masing kecamatan secara bergantian dan secara teknis pendistribusian raskin diatur oleh pemkab setempat," katanya. Ia mengatakan, masyarakat miskin tidak perlu khawatir terkait dengan jatah raskin di bulan September karena pendistribusiannya lebih awal dibandingkan bulan sebelumnya. "Kami berharap raskin yang diterima oleh masyarakat miskin di Jember bisa meringankan beban mereka untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran," katanya. Sementara itu, Asisten Pembangunan dan Ekonomi Pemkab Jember, Edi Budi Susilo, mengatakan, pemkab akan membantu pihak BULOG untuk mendistribusikan raskin ke masing-masing kepala keluarga. "Aparat desa harus membantu menyalurkan program raskin supaya tepat sasaran sehingga tidak ada penyimpangan dalam penyaluran raskin di Jember," katanya.

BULOG Jatim Jual 133.550 Gula Milik BUMN
Sebanyak 133.550 ton gula telah terjual dalam program kerja sama pendistribusian gula yang dilakukan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan Perum BULOG Divisi Regional Jawa Timur.

PENGUMUMAN PELELANGAN UMUM
BULOG Divre Jawa Timur akan melakukan pelelangan umum dengan pasca-kualifikasi Jasa Angkutan Beras Antar Divre Seluruh Indonesia

Distribusi Raskin Di Madura Terkendala Uang Tebusan
Distribusi bantuan beras untuk keluarga miskin (raskin) di Madura terkendala uang tebusan, sehingga penyaluran belum merata di semua kabupaten.

10 Kecamatan Di Sumenep Tebus Raskin
Sebanyak 10 kecamatan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sudah menebus beras untuk keluarga miskin (raskin) jatah Januari 2009.

Pengumuman Pelelangan Umum Jasa Angkutan Beras Movenas Perum BULOG Divre Jatim Tahap II Tahun 2009
Perum BULOG Divre Jawa Timur akan melakukan pelelangan umum Tahap II Tahun 2009 dengan pasca-kualifikasi Jasa Angkutan Beras Antar Divre Seluruh Indonesia:

Kapolda Jatim Menjadi Imam Shalat di Masjid Baitussyakur BULOG Divre Jatim
Kapolda Jatim Menjadi Imam Shalat di Masjid Baitussyakur BULOG Divre Jatim

BULOG Jatim Tekan Anjloknya Harga Gabah
Perum BULOG Divisi Regional Jawa Timur berupaya menekan anjloknya harga gabah di tingkat petani yang terjadi di sejumlah daerah, menjelang datangnya musim panen 2009 ini.

229.766 RTS Jember Dapat Raskin
Sejumlah 229.766 rumah tangga sasaran di Kabupaten Jember, Jatim, mendapat jatah beras miskin (raskin) tahun 2009.

Jatah Raskin di Madiun Tahun Ini Turun
Jatah beras miskin (raskin) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu seiring dengan berkurangnya jumlah rumah tangga sasaran (RTS).

Pengumuman Pelelangan Umum Jasa Angkutan Beras Movenas Perum BULOG Divre Jatim
Perum BULOG Divre Jawa Timur akan melakukan pelelangan umum dengan pasca-kualifikasi Jasa Angkutan Beras Antar Divre Seluruh Indonesia :

Jatah Raskin 2009 Menurun
Jatah beras rakyat miskin (raskin) tahun 2009 untuk wilayah Kabupaten Ponorogo, Pacitan dan Magetan menurun dibandingkan dengan jatah tahun 2008 lalu.

Jatah Raskin Kabupaten Magetan Naik
Jatah beras miskin (raskin) tahun 2009 yang diperuntukkan kalangan Rumah Tangga Miskin (RTM)di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, naik dibandingkan tahun 2008 lalu.

PENGADAAN 2008, TERBESAR SEPANJANG BULOG JATIM BERDIRI
“ Alhamdulillah, pengadaan gabah/beras Perum BULOG Divisi Regional Jawa Timur untuk tahun ini (2008) merupakan pengadaan terbesar sejak berdirinya BULOG, melampaui pengadaan beras pada saat negara ini mengalami swasembada beras tahun 1984. Sampai tutup tahun 2008, realisasi pengadaan BULOG Divre Jatim mencapai 975 ribu ton setara beras, jumlah ini melampaui perolehan tertinggi Pengadaan Dalam Negeri di Divre Jawa Timur, yaitu yang terjadi di Tahun 1984 (saat swasembada beras) dengan volume pengadaan sebesar 970 ribu ton beras” kata Sutono, Kadivre Jawa Timur, Rabu siang 31 Desember 2008 di kantornya.

PENGADAAN 2008, TERBESAR SEPANJANG BULOG JATIM BERDIRI
“ Alhamdulillah, pengadaan gabah/beras Perum BULOG Divisi Regional Jawa Timur untuk tahun ini (2008) merupakan pengadaan terbesar sejak berdirinya BULOG, melampaui pengadaan beras pada saat negara ini mengalami swasembada beras tahun 1984. Sampai tutup tahun 2008, realisasi pengadaan BULOG Divre Jatim mencapai 975 ribu ton setara beras, jumlah ini melampaui perolehan tertinggi Pengadaan Dalam Negeri di Divre Jawa Timur, yaitu yang terjadi di Tahun 1984 (saat swasembada beras) dengan volume pengadaan sebesar 970 ribu ton beras” kata Sutono, Kadivre Jawa Timur, Rabu siang 31 Desember 2008 di kantornya.

KRISIS GLOBAL BELUM BERPENGARUH PADA HARGA BERAS DI PASAR JATIM
Hal lain yang perlu diwaspadai sebagai efek dari krisis global adalah banyaknya pemain baru dalam perdagangan beras yang dikhawatirkan akan menambah panjang rantai pemasaran beras yang pada akhirnya akan menambah beban biaya.

BULOG Bondowoso Surplus Beras
Sub Divre BULOG Bondowoso, Jawa Timur mengalami surplus beras sebanyak 20 ribu ton, dimana September 2008 BULOG setempat telah menandatangani kontrak 69.800 ton setara beras.

Jatah Raskin Kota Malang Bertambah
Jatah Beras Miskin (Raskin) yang didistribusikan bagi keluarga kurang mampu di masing-masing kelurahan Kota Malang, Jatim, bertambah, dari 10 kg per Kepala Keluarga (KK) menjadi 15 per KK, namun dengan harga yang berbeda.

BULOG Bangkalan Siapkan 3.000 Ton Beras
BULOG Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur mempersiapkan 3.000 ton beras untuk persediaan bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1429 H.

BULOG Divre Jatim Siap Langsung Terima Gabah Dari Petani
Untuk memenuhi stok cadangan beras nasional, selain melalui jalur regular (mitra kerja), BULOG Divre Jatim juga menerjunkan Satgas Pengadaan untuk langsung menjemput membeli gabah petani, namun dikarenakan keterbatasan jumlah satgas sehingga belum dapat meng-cover seluruh wilayah, maka petani dapat berinisiatif menjual langsung ke BULOG melalui unit gabah beras (UPGB)/gudang/mitra kerja BULOG yang terdekat, Petani yang ingin langsung menjual ke BULOG diupayakan secara berkelompok, bukan perseorangan, tapi kalau dipandang perlu kami juga menerima secara perseorangan, kata Sutono Kepala Perum BULOG Divre Jatim senin siang dikantornya.

Jatim: Konsumen Tidak Panik, Harga Cenderung Turun
Kenaikan harga beras dalam beberapa minggu ini tertahan, dan cenderung turun. Sebagaimana hasil pencatatan BPS, pada akhir Januari 2008, harga beras di Surabaya untuk kualitas medium-3 Rp.4.883,-/Kg, pada minggu pertama Pebruari harga beras tersebut menjadi Rp.4827,-/Kg, ada penurunan harga sekitar 1,14%. Di Jember, Malang dan Kediri juga terjadi gejala serupa.

Jatim: Konsumen Tidak Panik, Harga Cenderung Turun
Kenaikan harga beras dalam beberapa minggu ini tertahan, dan cenderung turun. Sebagaimana hasil pencatatan BPS, pada akhir Januari 2008, harga beras di Surabaya untuk kualitas medium-3 Rp.4.883,-/Kg, pada minggu pertama Pebruari harga beras tersebut menjadi Rp.4827,-/Kg, ada penurunan harga sekitar 1,14%. Di Jember, Malang dan Kediri juga terjadi gejala serupa.

MULAI PEBRUARI 2008, PAGU RASKIN JATIM NAIK 45 PERSEN
Sesuai hasil keputusan pemerintah, dalam rangka memperbesar akses masyarakat miskin terhadap konsumsi beras, mulai Pebruari 2008, pemerintah menaikkan alokasi Raskin untuk tiap Rumah Tangga Miskin (RTM) dari maksimal 10 Kg, menjadi 15 Kg/bulan. Dengan adanya kenaikan alokasi perbulan tersebut maka secara keseluruhan pagu Raskin untuk Propinsi Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 45% dari 323.672 ton/bulan menjadi 469.325 ton perbulan.

MULAI PEBRUARI 2008, PAGU RASKIN JATIM NAIK 45 PERSEN
Sesuai hasil keputusan pemerintah, dalam rangka memperbesar akses masyarakat miskin terhadap konsumsi beras, mulai Pebruari 2008, pemerintah menaikkan alokasi Raskin untuk tiap Rumah Tangga Miskin (RTM) dari maksimal 10 Kg, menjadi 15 Kg/bulan. Dengan adanya kenaikan alokasi perbulan tersebut maka secara keseluruhan pagu Raskin untuk Propinsi Jawa Timur mengalami kenaikan sebesar 45% dari 323.672 ton/bulan menjadi 469.325 ton perbulan.

Pagu Raskin Jatim 2008, 323.672.700 Kg/Tahun untuk 3.236.727 RTM
Pagu Raskin Jatim 2007, 323.672.700 Kg/Tahun untuk 3.236.727 RTM Pemerintah tetap menaruh perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin, Kebijakan subsidi pangan terarah (targeted food subsidy) berupa transfer pendapatan (income transfer) dalam bentuk barang seperti Raskin dinilai masih sangat diperlukan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin di Indonesia yang jumlahnya masih cukup banyak. Untuk tahun 2007, propinsi Jawa Timur mendapatkan alokasi 323.672.700 Kg/Tahun untuk 3.236.727 Rumah Tangga Miskin (RTM) untuk 10 bulan dengan masing-masing RTM 10 Kg. Sedangkan harga tebus adalah Rp.1600,-/Kg, atau naik Rp.600,- dari harga tahun sebelumnya. Penyaluran Raskin akan segera dilaksanakan, sehingga ditargetkan penyaluran Raskin dapat menghambat kenaikan harga beras akhir-akhir ini, karena Raskin merupakan 10% lebih dari kebutuhan konsumsi masyarakat Jawa Timur. Tujuan dilaksanakannya program Raskin adalah untuk memberikan perlindungan kepada Keluarga Miskin melalui bantuan beras bersubsidi guna memenuhi kebutuhan gizi dan mengurangi beban pengeluaran keluarga pada jumlah yang telah ditentukan dan tingkat harga tertentu. Kebijakan penanggulangan kemiskinan sampai saat ini tetap menjadi prioritas Pemerintah melalui 2 (dua) strategi pendekatan yakni : 1) mengurangi beban pengeluaran penduduk miskin dan 2) meningkatkan pendapatan penduduk miskin melalui pengembangan usaha ekonomi produktif. Terhadap pelaksanaan Program Raskin tersebut akan selalu dilakukan pemantauan dan evaluasi. Di tingkat pusat, pemantauan oleh Tim Supervisi & Pengendali Raskin. Di tingkat daerah oleh Tim Koordinasi, Monitoring, dan Evaluasi raskin sesuai dengan tingkatan wilayahnya, selain itu dalam pelaksanaannya dapat mengikutsertakan Perguruan Tinggi atau insitusi kemasyarakatan lainnya pada periode tertentu. 14 Januari 2008 Kasi TU dan Umum/Humas Arwakhudin Widiarso Ketarangan: - Info tentang BULOG dapat di akses di http://www.bulog.co.id/Divre/Jatim/ (sementara) atau http://bulog.co.id atau www.jatim.bulog.co.id Pemerintah tetap menaruh perhatian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin, Kebijakan subsidi pangan terarah (targeted food subsidy) berupa transfer pendapatan (income transfer) dalam bentuk barang seperti Raskin dinilai masih sangat diperlukan untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin di Indonesia yang jumlahnya masih cukup banyak.

Pemain SSB Bulog Jatim Go International
Dua siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Bulog Jatim terpilih sebagai pemain tim Nasional PSSI usia 16 tahun (U-16) yang akan mengikuti pelatihan di Uruguay, mulai 14 Januari 2008. Kedua pemain tersebut masing-masing, Alfredo Reva Money dan Zaenal Fanany.

Carlo Nijssen, Pelatih Belanda yang Tularkan Ilmu di SSB Bulog Jatim
Bosan Suasana Liburan, Pilih Tangani Junior. Ada yang tidak biasa dalam latihan Sekolah Sepak Bola (SSB) Bulog pagi kemarin (23/12). Wajah anak-anak yang masih berusia 12 tahun ke bawah itu tampak semringah atas kehadiran sosok asing, Carlo Nijssen, yang turut memberikan materi latihan.(JP-20071224)

MALAM PENGUMPULAN DANA KORBAN BANJIR
MALAM PENGUMPULAN DANA PEDULI KORBAN BANJIR JATIM, 30 MENIT RP. 132 JUTA TERKUMPUL

BANJIR TIDAK SIGNIFIKAN MENGGANGGU DISTRIBUSI BERAS
“ Banjir di banyak tempat di Jawa Timur tidak mengganggu stok beras maupun distribusi beras BULOG secara signifikan, memang ada 2(dua) gudang BULOG yang sempat terkepung banjir, yakni di Madusari Ponorogo(banjir bandang) maupun di Kalitidu Bojonegoro(tergenang luapan bengawan Solo), namun distribusi rutin beras dari gudang tersebut dialihkan dengan mengambil dari gudang lain yang berdekatan dan tidak terganggu banjir”, kata Sutono Kadivre Perum BULOG Jawa Timur di kantornya rabu sore

BENGAWAN SOLO NGAMUK, PETANI MITRA UTAMA BULOG JADI KORBAN
Air mengamuk, menggenangi, menerjang, dan merobohkan media yang menghalangi. Tanpa mengenal belah kasihan, Rumah Sakit Umum harus tergenang, rumah Bupati pun yang biasa di siti hinggil (posisi tanah lebih tinggi) tak bisa lepas dari amukan, apalagi pemukiman rakyat biasa.

BULOG JATIM SIAP STABILISASI HARGA BERAS
“Dalam waktu sepuluh hari ini, harga beras naik bervariasi antara 2% s/d 7%, dari harga akhir Agustus 2007, hal ini disebabkan permintaan Jakarta dan medan naik cukup signifikan sehingga menyedot beras dari daerah lain termasuk dari Jawa Timur”, kata Sutono, Kadivre Perum BULOG Jawa Timur Jum’at sore 14 Desember 2007 dikantornya.

BULOG JATIM SIAP STABILISASI HARGA BERAS
“Dalam waktu sepuluh hari ini, harga beras naik bervariasi antara 2% s/d 7%, dari harga akhir Agustus 2007, hal ini disebabkan permintaan Jakarta dan medan naik cukup signifikan sehingga menyedot beras dari daerah lain termasuk dari Jawa Timur”, kata Sutono, Kadivre Perum BULOG Jawa Timur Jum’at sore 14 Desember 2007 dikantornya.

Sistem Transmigrasi Nasional Dukung Ketahanan Pangan
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menkaertrans) Erman Suparno mengatakan sistem transmigrasi nasional diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan, sehingga ke depan tidak perlu mengimpor komoditas pangan seperti beras, jagung dan kedele karena semua itu dapat ditanam di kawasan transmigrasi.

Babak Baru Kerjasama Pemerintah dengan Swasta: Penandatanganan Nota Kesepahaman Perum BULOG dengan Aplindo
Babak baru kerjasama pemerintah dengan swasta dalam hal stabilisasi harga beras di tingkat produsen (petani) dan konsumen telah dibuka. Babak ini ditandai dengan dicapainya kesepahaman antara pemerintah (Perum BULOG) dengan gabungan pengusaha beras yang tergabung dalam Asosiasi Penyalur Logistik Indonesia (APLINDO).

BULOG Jambi Ajukan Raskin Untuk 199.469 KK
Perum Bulog Jambi mengajukan jatah beras miskin untuk 199.469 kepala keluarga (kk) rumah tangga miskin (RTM) pada penyaluran tahun 2008.

Harga Beras Indonesia 30 Persen di Atas Dunia
Harga beras di Indonesia yang rata-rata berkisar Rp4.200-Rp5.000 per kilogram, ternyata telah mencapai 30 persen di atas rata-rata harga di dunia. Beras dengan tingkat kerusakan (broken) 15 persen, di Vietnam kini hanya sekitar 330 dolar AS atau Rp2,97 juta (kurs Rp9.000) per ton atau Rp2.970 per kilogram dan di Thailand berkisar 340-350 dolar AS per ton atau antara Rp3.061-Rp3.150 per kilogram.

Penyaluran Raskin di Jawa Timur Lancar
(6/8/07) Tingkat kelancaran penyaluran Raskin ini akan tetap dipertahankan minimal seperti tingkat kelancaran pada tahun 2006, yang memberikan kontribusi bagi penurunan angka kemiskinan di Jawa Timur

Divre Jatim Menaikkan Prognosa Pengadaan Gabah/Beras Dalam Negeri 2007
(30/7/07) Guna memperkuat Ketahanan stok beras Nasional, Perum Bulog Divre Jatim tahun ini menaikkan Prognosa Pengadaan Gabah/Beras Dalam Negeri tahun 2007 menjadi

BULOG HARAPKAN IMPOR BERAS BERKURANG 300 RIBU TON
(24/7/07) Menyusul tercapainya target pengadaan gabah dan beras hingga bulan Juli 2007, Perum Bulog berharap impor beras dikurangi sebesar 300 ribu ton. Demikian dikatakan